Langsung ke konten utama

Semantic Network Pada Materi Kimia

 

Pengertian Semantik  Secara etimologis, arti semantik berasal dari kata Yunani sema yang merupakan kata benda yang berarti 'tanda' atau 'simbol' dan samaino (kata kerja) yang memiliki arti "tanda" atau "melambangkan". Sedangkan istilah semantik dalam terminologi adalah studi tentang simbol atau tanda yang mengungkapkan makna, hubungan makna satu sama lain, dan hubungan antara kata-kata dengan konsep atau makna kata.

Semantic network adalah representasi yang mengekspresikan solusi permasalahan dengan menggunakan network (graph berarah). Di dalamnya menggunakan node (simpul) untuk merepretasikan suatu kondisi, dan arc (link) untuk merepretasikan relasi antar simpul.  

Semantic network ini adalah representasi yang bersifat : 

1. Lexically, di dalamnya terdapat node(simpul), link dan batasan-batasan khusus dari permasalahan

2. Structurally, masing-masing link akan terkoneksi dari simpul yang paling depan(head node) sampai simpul yang paling belakang (tail node).

3.  Semantically, semua simpul dan link merepretasikan permasalahan tetap berada dalam batasannya.

Dengan kata lain semantic network adalah :

1.  Jaringan yang merepresentasikan relasi semantic dengan konsep.

2.  Terdiri dari nodes (konsep) dan arcs (relasi antar konsep).

3.  Umumnya semua semantic network adalah representasi grafis deklaratif yang dapat digunakan baik untuk mewakili pengetahuan atau untuk mendukung penalaran pengetahuan sistem otomatis.

 

Berikut merupakan semantic network dari materi redoks :

 

 

 Permasalahan:

Menurut pendapat Anda bagaimana semantic network ini bisa membantu guru dalam proses pembelajaran ?

 

Komentar

  1. Menurut saya dengan pembuatan semantic network ini tentu akan sangat membantu penjelasan dalam proses pembelajaran. karena pada semantic network ini materi pembelajaran menjadi lebih tergambarkan dan semakin memperjelas kaitan-kaitan antara materi satu dengan lainnya, dan juga dengan adanya semantic network ini menjadikan pengemasan materi menjadi lebih praktis karna dapat langsung di hubungkan kedalam video pembelajaran ataupun media lainnya yang dapat membantu proses pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan intan bahwa pembuatan semantic network ini tentu akan sangat membantu penjelasan dalam proses pembelajaran. Dari semantik yang melly buat, masih bisa dikembangkan melihat dari topik yang dijelaskan masih cukup luas dan butuh sub-sub penjelas agar materi dapat tersampaikan dengan baik serta melly dapat menambahkan sesuatu hal yang dapat mengevaluasi pembelajaran siswa, mungkin bisa ditambahkan dengan quiz, ataupun games yang dapat memacu semangat belajar siswa.

      Hapus
  2. Menurut saya semantic network membantu guru dalam proses pembelajaran karena dengan adanya sistematic network guru lebih mudah menjelaskan materi karena didlam sistematic network sudah digambarkan dengan jelas dan hubungan hubungan antar subbab yang saling berkaitan dan bisa ditambahkan video pembelajaran, virtual lab, atau pun quiz mengenai materi yang diajarkan sehingga pembelajaran lebih terarah mengenai apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran tersebut

    BalasHapus
  3. Menurut saya dengan semantic network siswa bisa lebih tergambar secara menyeluruh tentang pembelajaran yang akan di ajarkan

    BalasHapus
  4. tentu saja semantik ini dapat membantu guru dalam menjelaskan materi karena dari semantik network yang anda buat terlihat hubungan stiap materi sehingga siswa dapat mudah memahami dan mengikuti alur pembelajarannya

    BalasHapus
  5. Saya sependapat dengan teman-teman yang lain yakni semantic network dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Menurut saya dengan guru membuat semantik network tentu dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilaksanakannya karena pembuatan semantik network ini memiliki tujuan untuk menggambarkan secara grafis dari pengetahuan yang melibatkan hubungan antara obyek-obyek, dimana objek ini merupakan komponen-komponen dari proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Seperti yang telah disebutkan bahwa antara node dan art dalam semantik network tentu dibuat dengan memiliki hubungan tertentu. hubungan ini merupakan dasar penting dalam semantik network karena menyediakan struktur struktur dasar untuk pengorganisasian proses pembelajaran yang ingin guru laksanakan

    BalasHapus
  6. Menurut saya semantic network ini bisa membantu guru dalam proses pembelajaran karena guru membuat semantik network ini untuk dapat menjelaskan proses pembelajaran yang ingin dilaksanakannya karena pembuatan semantik network ini memiliki tujuan untuk menggambarkan secara grafis dari pengetahuan yang melibatkan hubungan antara obyek-obyek, dimana objek ini merupakan komponen-komponen dari proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. intinya, dengan pembuatan model semantic network ini materi akan tercover dengan baik hingga ke sub materi serta contoh dan aplikasinya dalam kehidupan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip - Prinsip Desain Pembelajaran

  Desain pembelajaran merupakan upaya untuk “membelajarkan” peserta didik. Desain pembelajaran juga disebut dengan suatu rancangan yang dibuat secara sistematis dan sistemik untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.  Menurut Reiser & Dempesey (2007) desain pembelajaran dibuat dengan proses sistematis yang digunakan untuk mengembangkan program pendidikan dan pelatihan secara konsisten dan dapat diandalkaan. Desain bermakna adanya keseluruhan, struktur, kerangka atau outline, dan urutan atau sistematika kegiatan (Gagnon dan Collay, 2001). Selain itu, kata desain juga dapat diartikan sebagai proses perencanaan yang sistematika yang dilakukan sebelum tindakan pengembangan atau pelaksanaan sebuah kegiatan (Smith dan Ragan, 1993, p. 4). Sedangkan desain pembelajaran adalah kisi-kisi dari penerapan teori belajar dan pembalajaran untuk memfasilitasi proses belajar seseorang (Reigeluth, 1983). Desain pembelajaran juga diartikan sebagai proses merumuskan tujuan, strategi, tek...

Pembentukan Disakarida Dan Polisakarida

DISAKARIDA DISAKARIDA atau biosa ialah karbohidrat yang terbentuk ketika dua monosakarida mengalami reaksi kondensasi yang meliputi eliminasi sejumlah kecil molekul, seperti air, dari gugus fungsional saja. Seperti monosakarida, disakarida membentuk larutan berair ketika dilarutkan dalam air. Tiga contoh umum disajarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa. Disakarida merupakan salah satu dari empat kelompok zat kimia karbohidrat (monosakarida, disakarida, oligosakarida dan polisakarida). Klasifikasi Ada dua tipe disakarida yang berbeda, yaitu: disakarida yang mereduksi, di mana satu monosakarida, gula reduksi, masih memiliki unit hemiasetal bebas; dan disakarida non-reduksi, di mana komponen-komponen yang berikatan melalui rantai asetal antara pusat-pusat anomer mereka dan tidak satu pun monosakarida memiliki unit hemiasetal bebas. Sellobiosa dan maltosa merupakan contoh dari disakarida reduksi. Sukrosa dan trehalosa adalah contoh-contoh disakarida non-reduksi. Pembentu...

Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Kimia

  Augmented Reality (AR) AR adalah seperangkat teknologi yang diciptakan sebagai cara overlay informasi atau dunia digital dan dunia nyata dengan tujuan memberikan kepada pengguna pengalaman perspektif yang lebih baik (Berryman, 2012). Ini membangun tampilan superposisi dengan menggabungkan adegan nyata dan adegan virtual (Zhang, 2018). Augmented reality melengkapi  buku yang berorientasi konten dan mampu berinteraksi dengan pengguna melalui hubungan video dan audio (Fan, 2018). Tampilan informasi yang sebelumnya tidak terlihat oleh mata manusia sekarang dapat diamati dengan dukungan perangkat seperti komputer, ponsel pintar, tablet, dan HMD. Hal Itu tidak menghilangkan realitas tetapi meningkatkan realitas dengan informasi digitalnya. Tujuan utamanya adalah melengkapi stereoskopis tiga dimensi ke dunia nyata sebagai sarana untuk memperkaya persepsi pengguna (Maqableh & Sidhu, 2010). Teknologi AR dalam pembelajaran kimia digunakan untuk visualisasi 3D dari struktur a...